Buku vs Ebook. Manakah yang Lebih Unggul?

01.24


Buku atau ebook? Buku atau ebook? Bagi pecinta buku, mungkin pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang rumit untuk menentukan yang mana antara kedua itu yang lebih unggul karena mungkin kita hanya berpikir yang penting bisa buat dibaca. Oke, kali ini aku akan membandingkan antara kedua hal itu.

Buku Ebook
Bersantai Buku lebih bisa digunakan ketika kita dalam keadaan bersantai. Terutama dalam mengisi waktu Me Time. Ebook kurang bisa digunakan untuk bersantai karena mata kita dalam keadaan tegang ketika menatap layar.
Harga Buku cenderung mahal kalau dibandingkan dengan ebook. Kita harus merelakan beberapa rupiah kita melayang demi membeli sebuah buku. Ebook gratis banyak bersebaran di internet. Kita bisa mendapatkannya dapat kehilangan rupiah kita.
Mobilitas Buku mungkin agak merepotkan untuk dibawa ke mana-mana karena bentuknya yang lumayan besar. Namun, bagi pecinta buku, itu bukan masalah. Malahan menjadi kebanggaan ketika bisa membawa buku yang ukurannya bisa dibilang besar. Karena berbentuk file, ebook gampang dibawa ke mana-mana dengan media penyimpanan apapun. Seperti flashdisk.
Penyimpanan Dengan bentuknya yang besar, buku membutuhkan ruang lebih untuk penyimpanannya. Aku jadi teringat dengan salah seorang ulama besar yang bernama Imam Malik. Yap, benar. Beliau adalah pendiri mazhab Maliki. Buku yang beliau miliki biasa dibawa oleh 12 ekor unta. Wow, banyak banget ya… Dengan bentuknya yang digital, ebook bisa disimpan di manapun. Bisa di laptop, gadget, smartphone, bahkan di internet semisal di blog, dropbox, google drive.
Perawatan Karena buku berbentuk fisik, maka bentuk perawatan buku itu seperti penjemuran, pemindahan meletakkan buku (saling bertukar tempat), pemberian kapur barus, dan berbagai perawatan lainnya yang gampang kita temukan di internet. Ebook pada aslinya tidak perlu perawatan, karena berbentuk file. Namun, bentuk perawatan ebook adalah dengan cara menyalinnya ke tempat lain.
Keamanan Buku gampang dicuri (siapa juga yang mau nyuri :v ). Buku juga gampang terbakar. Ebook kalau tidak disimpan di internet, rentan hilang.


Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top