7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membaca Buku Sekarang

01.37


Dari berjuta manusia di muka bumi ini, tentu saja ada berjuta hobi yang beragam. Salah satunya adalah membaca. Nah, kali ini aku akan memberikan 7 alasan kepadamu mengapa membaca seharusnya menjadi salah satu hobi kita. Yuk, kita simak…

1. Membuka Wawasan Dunia

Mungkin kita jarang sekali mendengar bahwa pada tahun 1967 ada peperangan besar-besaran antara Zionis dengan Mesir dan negara-negara liga Arab lainnya. Mungkin, kita jarang juga mendengar tentang peperangan besar antara pasukan Heraklius dengan pasukan Khalid bin Walid demi merebut bumi Syam (waktu itu Khalifahnya adalah Umar bin Khattab). Lalu, dari mana kita akan tau kalau nggak membaca?

2. Memperkaya Kosakata

Membaca berbeda dengan mendengar. Ketika membaca, kita akan menemukan berbagai kosakata yang jarang kita dengar. Mungkin karena alasan wagu lah makanya tak pernah orang nyebutin, kayak ceruk, siluet, gegara, dan lain-lain.

3. Membuatmu Bisa Menghargai Waktu

Seringkali, dari 24 jam waktu yang kita miliki, hanya sebagian kecil saja yang benar-benar kita gunakan. Lalu, ke mana sisanya? Daripada habis kepake buat yang nggak berguna, alangkah baiknya kita mengisinya dengan membaca buku.

4. Hobi yang Tepat Buat Mengisi “Me Time”

Tau Me Time kan ya? Itu tuh di mana ada waktu yang hanya khusus buat kita sendiri, tanpa ada distraksi atau gangguan dari siapapun. Ada yang mengisi waktu Me Time-nya dengan berolahraga, membaca Al Quran, makan, tidur, dan tentu saja membaca buku.

5. Mengobati Kecanduan Game

Game. Ada beberapa orang yang mempersalahkan dirinya yang tak bisa lepas dari game. Ada yang sudah bersusah payah melepaskan diri namun tak kunjung bisa. Maka, membiasakan diri membaca buku adalah awal yang baik untuk melepaskan kecanduan game.

6. Melatih Mental

Membaca buku melatih mental? Yap, itu benar sekali. Bayangin aja coba, di hadapan kita ada buku setebal 300 halaman. Lalu, kita berusaha dengan sekuat tenaga kita buat menghabiskan itu buku. Membangun mental kan?

7. Melepaskan Kecanduan Media Sosial

Media sosial itu kalau di zaman sekarang ini bagaikan pedang bermata dua. Coba aja deh kamu melepaskan diri dari media sosial. Susah kan? Sebenarnya sih media sosial itu bagus, penting, dan bisa menghubungkan kita dengan kawan-kawan kita yang lama tak jumpa. Namun, kalau ketagihan itu lo yang susah dilepasin. Nah, karena membaca itu membutuhkan kesabaran sedangkan media sosial itu adalah kecepatan (tak perlu bersabar), maka membaca buku pun bisa mengurangi intensitas kecanduan media sosial.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top