10 Prinsip Desain 2016

01.22


Yang namanya mode terus berganti tahun demi tahun. Maka, aku di sini pun akan membuat ramalan mode desain website dan aplikasi (terutama mobile) di tahun 2016. Dan berikut ini adalah hasil pemantauanku:

1. Putih

Putih atau whitespace bukanlah ciri kemalasan seorang desainer tapi ia adalah ciri kecerdasan seorang desainer. Kembali mengutip pernyataan Steve Jobs: Meninggalkan hal yang tidak penting sama halnya dengan mengerjakan yang penting. Seperti contohnya dengan pemilihan warna. Ketika warna putih saja sudah cukup dalam sebuah desain, maka dipilihlah warna putih. Dan pada akhirnya, pemilihan warna yang berbeda hanya digunakan untuk fokus suatu elemen yang memang diberi perhatian lebih.

2. Elegan

Penggunaan whitespace yang terstruktur pada akhirnya membuat desain yang elegan. Desain tak lagi campuran warna yang asal tumpah dan menghasilkan bentuk yang abstrak. Desain saat ini adalah desain yang konkret. Desain yang mampu menjawab kebutuhan pengguna. Desain yang nyaman dipandang. Desain yang mudah digunakan. Itulah elegan.

3. Orientasi Konten

Desain pada zaman ini berbeda dengan desain pada zaman dahulu yang kuanggap belum “dewasa”. Desain zaman sekarang telah menemukan fungsinya yaitu: Bagaimana menampilkan konten dengan baik sehingga bisa dinikmati oleh pengguna. Maka, desain yang mengunggulkan konten (sekitar 80-90%) merupakan ciri khas kiblat desain saat ini.

4. Tipografi

Kalau pada pembahasan di atas dijelaskan bahwa desain zaman sekarang ini berfokus pada konten, maka implikasinya adalah perhatian terhadap tipografi pun meningkat. Tidak hanya ornamen-ornamen yang dipandang oleh para desainer tapi juga bagaimana caranya pengunjung betah membaca konten dalam aplikasi atau website. Maka peran tipografi pun menjadi sangat penting.

5. Big Picture

Penggunaan gambar yang besar dengan width 100%, memberikan kesan yang lebih dari kumpulan kata-kata. Dan ternyata, satu gambar saja sudah mewakili dari satu halaman lebih kata-kata dan kita tak perlu berpikir keras menginterpretasi setiap ungkapan-ungkapan kata. Tampaknya desain pada 2016 mengarah ke sana.

6. Gambar Resolusi Tinggi

Gambar beresolusi tinggi berarti kepuasan lebih. Itulah yang saat ini diinginkan oleh pengguna. Desain yang memiliki gambar width 100% beserta gambar beresolusi tinggi yang tak pecah. Namun, penting juga diperhatikan untuk tidak menggunakan gambar dengan ukuran melebihi yang dibutuhkan. Misalnya saja, kita hanya membutuhkan gambar dengan lebar (width) 500px, tapi kita menggunakan gambar dengan lebar 5.000px. Oke, ini salah.

Kesimpulannya, segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah, salah satunya adalah desain. Maka, sebagai desainer yang cakap, alangkah lebih bagus kalau kita senantiasa mengikuti perubahan tren desain.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top