Sabtu, 28 November 2015

Blog adalah Rangkaian Cerita

Rangkaian cerita…
Dulu, pas waktu aku memulai membuat blog (sekitar tahun 2010-an), aku berpikir, “Blog itu biasanya diisi apa aja ya?” Mulai dah setelah itu aku terus mencoba dengan berbagai hal. Mulai dari gadget-gadget yang aneh kayak musik, ngasih makan ikan, game billiar, game-game flash, kadang juga ngambil game dari Facebook (walaupun ujung-ujungnya error. Hehehe…), terus juga ada gadget cuaca, gadget chatting walaupun jarang OL. Yah gitu lah kalau yang namanya newbie. Apa aja kudu dicoba.
Terus kalau pas kontennya, dulu aku juga tak coba semua, mulai dari cerpen, puisi, prosa, artikel, feature, opini, pokoknya semuanya lah. Tapi kebanyakan sih copas. Hehehe… Padahal kan yang namanya blog itu harus menampilkan sesuatu yang unik gitu ya. Masak copas? Jadinya tuh kayak satu tema tapi ada 10 blog yang sama-sama membahasnya, isinya juga sama 100%. Kan aneh tuh. Terus juga kalau misalnya copas, mesti nanti lama-lama ada rasa bersalah atau paling nggak, rasa kurang puas aja gitu. Masak dari 100 artikel yang ada di blog, cuma 2 yang asli dari pikiran sendiri. Rasanya tu kayak kita menghianati diri kita sendiri.
Ehem. Bahasanya itu lo…
Nah, sejak aku mulai berkomitmen untuk nggak copas itulah aku mulai memutar otak, “Bagusnya ni blog dikasih makan apa gitu ya biar tetep hidup?” Mulai dah aku mencoba mengisinya dengan cerpen, yang murni dari pikiran sendiri pastinya. Pas awal-awal nyoba, masih semangat-semangatnya. Pas lama-kelamaan, habis juga tuh ide. Hehehe… Terus aku coba tuh mengisinya dengan puisi. Eh, ternyata puisi sangat tergantung ma mood. Kalau lagi nggak mood ya nggak bakalan ngisi.
Terus aku berpikir tu di benakku:
Aku harus mengisinya dengan sesuatu yang aku plong dalam mengisinya, dan aku tak terbebani dengan itu.
Lalu, tercetuslah pemikiran yang sangat brilian (bagiku) yaitu:
Write your own STORY
Oke, kata-kata Story harus diperhatikan betul ya. Jadi intinya dari blog itu adalah cerita tentang diri kita sendiri, cerita tentang kehidupan kita, kehidupan orang-orang di sekitar kita, cerita tentang alam, tentang manusia dan perilakunya, tentang bunga, tumbuhan, kaktus, apel, mangga, duren, pencok, gado-gado, timus. Laper bro…
Jadi intinya adalah Cerita. Yah, kalau gini mah kayak kembali ke zaman awalnya blog yaitu disebut sebagai diary digital. Ya terus mau gimana lagi, memang blog itu bagusnya ya buat itu dan memang itu sih keunikannya blog dibandingkan bentuk blog yang lainnya yang kalau kita baca sih kesannya tu kayak kaku dan ketidakhadiran wujud penulis.
Kalau di blogmu, sudahkah menekankan unsur cerita?

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar