Supaya Lebih Rajin Membaca Buku

05.56

I Love Book
Buku adalah jendela dunia. Mungkin ungkapan tersebut sudah tak asing lagi bagi kita. Hampir tak ada seorang pun di dunia ini yang menolak pernyataan itu. Kita bisa melihat bagaimana orang-orang hebat yang lahir karena dibesarkan oleh sekian banyak ilmu pengetahuan yang didapatnya dari buku. Di Indonesia kita mengenal sosok BJ HabibieUstadz Felix Siauw,Ustadz Budi AshariKang Akmal Sjafril. Darimana kecerdasan beliau-beliau itu didapatkan? Tentu saja sebagian besarnya didapatkan dari buku.
Tapi pertanyaannya sekarang adalah, Apakah kita tak bisa menjadi sosok hebat seperti mereka? Oke, tentu saja bisa; salah satu caranya adalah dengan lebih sregep lagi membaca buku.

Pengganggu Terbesar dalam Membaca Buku

Pengganggu
Memang, setiap kali kita ingin memulai kebiasaan baik baru, pasti ada saja pengganggu yang terus menghalangi kita; baik itu dari lingkungan maupun dari dalam diri sendiri. Salah satu pengganggi terbesar saat ini adalahsmartphone (internet dan game lebih khususnya). Hampir nggak mungkin kiga menemukan ada orang yang tidak menggunakan smartphone, semua orang menggunakannya. Apakah salah? Tidak. Tapi, smartphone inilah penyebab terbesar kita susah berkosentrasi pada bacaan yang hendak kita baca. Bayangkan aja coba, pas lagi asyik-asyiknya baca, baru satu paragraf, tiba-tiba, centung, ada notif masuk dari Facebook. Oke, mungkin kita masih tahan nih nahan godaan supaya nggak buka ni notif. Tapi, nggak nyampe sedetik, tiba-tiba centung lagi. Kali ini dari Instagram. Langsung dilanjutkan sama lain, notif dari Line. Tulisannya Get Rich lagi :v. Udah deh, kalau dah banyak notif kayak gini rasanya dah nggak sabar lagi.
Apa solusinya? Internetnya matiin aja kalau lagi baca.
Nah, kalau dah gitu, Insya Allah bisa lebih fokus lagi deh buat nuntasin tu bacaan.

Mengapa Kita Susah Membaca? Mungkin Ini Jawabannya

Oh ternyata...
Kenapa kita enggan membaca?
Pernah nggak kamu merasakan bahwa membaca buku adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, kegiatan yang sangat tepat buat mengisi waktu luang? Kalau kamu mikir kayak gitu, selamat, berarti kamu memang "ditakdirkan" buat mencintai buku dan "bermesra-mesraan" dengannya. Tetapi, sayangnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang belum bisa mengakrabkan dirinya dengan buku. Bisa kita lihat kan bagaimana putra-putri bangsa ini menghabiskan waktunya? Chatting, ngegame, jalan-jalan, shopping. Yah, hampir tak ada sangkut-pautnya sama sekali dengan kegiatan membaca. Itulah mengapa kita kerap kali menyentuh buku jika ada tugas dari sekolah, dari kampus, tugas menyelesaikan buku, meringkas buku, menyalin. Hampir nggak ada gitu lo, pemikiran "Aku membaca karena aku suka".
Padahal, kalau kita senang membaca buku, ada banyak sekali misteri kehidupan yang berhasil kita ungkap. Apalagi buku-buku yang kita baca itu adalah buku-buku legendaris yang hingga kini ilmunya menjadi langka seperti ilmu pertanian orang-orang Nabatea, ilmu pembangunan Bangsa Mesir Kuno, ilmu pemerintahan orang-orang Yunani Kuno, ilmu perangnya Bangsa China (kenal Sun Zi kan?), dan yang paling utama adalah ilmu tentang kehidupan Akhirat yang diwahyukan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
Jadi, sudahkah kita memulai membaca buku?

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top