[SOLVED] Recent Comment Disqus Blogspot

18.38

Hooray!

Hidup adalah perjuangan. Bahkan, di dunia pemrograman :D
Kayaknya dah hampir seminggu lebih aku ngabisin waktu di depan lepi buat nuntasin masalah ini, masalah disqus di blogspot yang nggak update-update. Eh, maksudku bukan masalah disqus, tapi masalah script recent comment dari disqus buat nampilin komentar terbaru di blogku yang menggunakan disqus. Masak udah berhari-hari, nggak ada komentar baru yang masuk. Itu berdasarkan hasil pengamatanku di recent comment-nya disqus. Eh, pas tak cek email, ternyata udah ada komentar baru.
Jengkel.
Awalnya kan scriptnya kayak gini:
<script type="text/javascript" src="https://mzaini30.disqus.com/recent_comments_widget.js?num_items=5&hide_mods=1&hide_avatars=1&excerpt_length=100"></script>
Nah, terus, kok nggak berubah-berubah gitu isinya. Pas yang hide_mods=1 tak ubah angkanya jadi 0, baru dah berubah isinya. Pas tak ubah jadi 1 lagi, eh kumat lagi dah. Aku awalnya heran banget kok bisa gitu lo, padahal scriptnya sama, bisa-bisanya satunya update, satunya nggak. Akhirnya, aku melakukan tradisi para programmer yang memiliki internet dalam memecahkan masalahnya: Googling! Di situ aku dapet script yang lain tapi sebenarnya ya kurang lebih juga. Ada juga yang scriptnya tu script PHP, ASP, EE, jQuery AJAX dengan Publik Key. Tapi sayang, nggak memungkinkan semua (orang aku pake blogger :v ).
Langsung singkatnya aja ya…
Setelah pencarian yang panjang dan melelahkan itu, akhirnya aku tau bahwa yang bermasalah itu adalah cache-nya. Soalnya kan kalau tak buka pake Chrome dia belum update, tapi kalau tak buka pake Firefox yang sebelumnya nggak pernah tak pake buat buka blogku, recent comment-nya update. Dalam benakku, “Ini pasti masalah cache yang nggak kehapus!” Akhirnya keliling-keliling lagi di google, ketemu dah formulasinya:
  • Pertama: <script type="text/javascript" src="apps.js?nomor=1"></script>
  • Kedua: <script type="text/javascript" src="apps.js?nomor=2"></script>
Nah, tau kan formulasinya? Jadi, yang pertama itu kita memanggil apps.js dengan tambahan nomor=1 yang aslinya nggak ngefek apa-apa terus kesimpan di cache. Lalu, yang kedua itu kita memanggil apps.js juga tapi dengan tambahan yang berbeda supaya dianggap berbeda oleh browser dan disimpan lagi. Gitu formulanya. Nah, pertanyaannya, “Masak kita ubah manual tambahannya? Ya nggak kan?”
Akhirnya aku kepikiran pake Math.random()
Pada akhirnya, inilah script finalnya…
<script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
        document.write("<scr" + "ipt type='text/javascript' src='https://mzaini30.disqus.com/recent_comments_widget.js?num_items=5&hide_mods=1&hide_avatars=1&excerpt_length=100&random=" + Math.random() + "'></scr" + "ipt>");
    //]]>
</script>
Terima kasih telah menyaksikan postingan ini :D
Arigatou Gozaimasu :)

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top