Kelebihan Media Sosial (emang ada? :v)

23.50

Kecanduan media sosial

Karena aku sering kali mengatakan bahwa buku lebih bagus daripada media sosial, bukan berarti aku mengatakan bahwa media sosial nggak ada bagusnya. Nah, oleh karena itu, kali ini aku akan membahas kelebihan media sosial. Ya aku yakin sih kalian semua pastinya dah tau kelebihannya apa aja. Aku di sini pengennya ya biar seimbang aja gitu. Masak kejelekannya terus yang diungkit? Kebaikannya kapan?
Seperti kita tau kan, internet dan media sosial memiliki beberapa kejelekan seperti:
  1. Membuat orang jadi autis (lupa dengan hal sekitar)
  2. Menurunkan kecerdasan komunikasi secara verbal (dan lambat laun juga menurunkan kecerdasan dan mental otak)
  3. Membuat malas berpikir
  4. Nggak fokus kalau diajak ngomong
  5. Gampang sakit hati gara-gara cyber bullying
  6. Kadang setan bisiki supaya buka yang neko-neko (kami berlindung kepada Allah dari hal demikian)
  7. Jadi malas keluar rumah
Oke, cukup. Cukup. Sudah cukup lah kita bahas kejelekannya terus. Lalu, apa sih kelebihannya? Kalau yang kepikiran sekarang sih baru satu yaitu:
Selalu update
Kalau misalnya buku membuat kita menjadi orang yang kokoh mentalnya, kuat pemikirannya, siap menghadapi berbagai peristiwa, nah, tugasnya media sosial itu adalah menghadirkan peristiwa itu di hadapan kita. Itulah kelebihannya “benda” satu ini. Padahal kita cuma di depan gadget atau di depan lepi, tapi kita tau kabar-kabarnya manusia di Korea, Jepang, Amerika, Prancis, Turki, bahkan di belahan lain dari bumi Indonesia.
Tapi kan yang namanya berita itu kita nggak bisa percaya 100% karena “berita” berbeda dengan “peristiwa”. Kalau peristiwa adalah segala sesuatu yang memenuhi kaidah 5w 1h, maka berita adalah peristiwa yang “disampaikan” (alias framing).
Udah ah, ini malah bahas teori jurnalistik lagi :v
Jadi ya, intinya cuma itu sih. Kelebihannya media sosial itu ya supaya kita tau berita di tempat lain dengan cepat. Yang penting kan kita jangan sampai mengantisipasinya dengan “cepat” juga karena masih banyak hal yang harus “ditanyakan”.
Ribet ya? :D

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top