Bagaimana Cara Berdakwah kepada Orang Miskin?

04.22

Bantulah mereka

Sebelumnya, mari kita amati dulu; kalau ada orang yang nggak mampu—kasarannya orang miskin lah—, apa yang dia butuhkan? Tentu saja makan, bukan? Nah, terus gimana cara menyampaikan dakwah kepada mereka? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Berikan apa yang mereka butuhkan; kalau contohnya di sini adalah makanan
  2. Kalau kita sering memberi, maka kita bisa memberikan wejangan rohani kepada mereka secara bertahap
Oke, kedengarannya sih simpel ya? Tapi, tau nggak, yang dibutuhkan oleh orang miskin itu bukan cuma makan. Terus apa lagi? Coba deh kita melihat; kalau biasanya kan yang miskin itu daerah pedesaan, kita amati bagaimana budayanya, bagaimana unggah-ungguh_nya, bagaimana interaksi sosialnya, apa yang membuat mereka bahagia, apakah pedesaan yang akan kita “selamatkan” itu adalah tipikal penduduk yang seringndobos_ atau bukan, apakah mereka adalah tipikal orang yang bekerja keras—kayak Jepang contohnya—, dan masih banyak hal-hal lain yang harus kita amati.
Apa kata kuncinya? budaya.
Yap, kalau kita mau bisa membaur dengan masyarakat yang akan kita “selamatkan” itu, kita harus memahami dulu bagaimana budayanya, bagaimana tipikal orangnya, dan masih banyak segi-segi lainnya yang harus kita amati. Budaya orang Jawa tentu saja beda dengan budaya orang Kalimantan, budaya orang Australia tentu saja beda dengan budaya orang Afrika, budaya orang Prancis tentu saja berbeda dengan budaya orang Amerika.
Tapi sayang, kalau kuamati betapa banyak DAI yang “sibuk” bermain di dunia maya; di smartphone, facebook, instagram, twitter hingga tidak bisa memperhatikan perkembangan budaya masyarakat sekitarnya. Kalau terhadap lingkungannya saja tidak peka, bagaimana bisa mengubah mereka menjadi masyarakat yang selamat dunia akhirat? Lalu, kalau misalnya terjadi kemungkaran yang begitu besar di lingkungan kita, barulah kita kalang kabut bagaimana cara mengatasinya; apalagi ketika dunia tau kalau kita adalah tokoh masyarakat.
Dari tadi kok ngomongnya kita, Anda sajalah—aku mah orang biasa :D—.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top