Samakah Buku dengan Internet?

18.46

Buku vs Internet
Tentu saja jawabannya sudah sangat jelas: Nggak Sama!

Biasanya nih ya, kalau orang baca buku itu tujuannya dah jelas, yaitu menambah informasi, memperkaya informasi, biar pintar (kata bu guru :v). Sedangkan mah kalau buka internet itu buat hiburan aja sih supaya nggak nganggur gitu :D

Oke, itu sebenarnya definisi yang terkesan ngawur dan asal-asalan. Sebab, hanya bermodalkan internet, orang juga bisa pintar kok.

Iya, itu mah kalau memang momen berinternetnya itu digunakan semaksimal mungkin. Alias, ketika dia membuka Chrome, Safari, Firefox, atau IE, dia sudah punya bayangan: “Oh, nanti aku buka internet terus buka google, langsung cari efek Doppler” Nah, kalau gitu ceritanya kan, dia bisa tuh jadi pintar tanpa menggunakan buku.

Tapi…

Pertanyaannya adalah, berapa banyak orang yang seperti itu? Apakah kita seperti itu? Yang menggunakan internet dengan betul-betul bijak? Nggak cuma dipake buat bermedia sosial doang?

Hahaha… ternyata kita jarang kayak gitu. Mungkin nyari informasi dengan betul-betul serius mah kalau ada tugas dari pak guru, bu guru, atau dari dosen. Jarang mah kita bener-bener memanfaatkan internet itu untuk pengetahuan. Lebih seringnya mah digunakan buat ngabisin waktu doang.
Eh, udah hampir buka ya? Nggak terasa udah 2 jam facebookan.
(nengok ke atas) Itu tuh kebiasaan kita, menghabiskan waktu di depan internet untuk hal yang sia-sia. Padahal dia facebookannya pake hape jadul :v (sorry kalau ada yang tersinggung)

So, kalau memang kita sudah sadar, kita sudah tau bahwa kita menghabiskan waktu kita di depan internet itu dengan sia-sia, apa solusinya?

Simpel bro, baca aja tuh buku?

Ayo, masih bisa baca buku nggak nih? Jangan-jangan dah lupa lagi caranya membaca buku karena lebih sering baca di internet. Udah deh pokoknya yakini aja dengan membaca buku itu, waktumu yang telah berlalu nggak bakalan sia-sia. Semuanya bermanfaat. Daripada waktu yang amat berharga ini kita habiskan buat ngobrol sana-sini dan nggak ada kesimpulan yang kita ambil (alias ilmunya nggak nambah), mending baca buku aja.

Mesti dah kalau bahas tentang waktu itu, keinget terus sama surat yang udah nggak asing lagi, surat Al Ashr:
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS Al Ashr: 1–3)
Nah kan bener tu apa yang difirmankan oleh Allah subhanahu wa taala, kalau kita nggak memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya, bakalan rugi dah sekian jam yang kita habiskan dengan sia-sia. Ih, nggak mau lah jadi orang yang merugi.


Jadi, kapan mau membuka buku? :)



Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top