11 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan - dw.de

04.15

1. Minum Dua Gelas Air Begitu Bangun Tidur
Setelah tidur berjam-jam, tubuh Anda tidak mendapat asupan cairan selama 6-9 jam. Air dibutuhkan untuk menyaring dan mengenceerkan zat buangan serta bagi keseimbangan cairan. Dua gelas air bisa mengisi kekurangan cairan selama tidur. Pastikan otak tidak mengalami dehidrasi di saat hari baru akan dimulai.
2. Baca Sinopsis Buku Saat Sarapan
Membaca buku adalah aktivitas otak yang ideal. Tetapi saat sarapan, lebih cocok untuk membaca sesuatu yang lebih pendek. Jangan membaca koran, karena efeknya tidak besar untuk kecerdasan Anda. Lebih baik membaca sinopsis buku-buku yang masuk dalam daftar bestseller.
3. Dengarkan Podcast/Audiobook Saat Berangkat Kerja
Walau hanya membutuhkan 10 menit hingga ke tempat kerja, isi waktu tersebut sambil mendengarkan podcast atau audiobook yang bisa menstimulasi kecerdasan Anda.
4. Minum Teh Hijau Sambil Bekerja
Kafein mujarab jika Anda mengantuk di kantor, tapi bisa membuat jantung merasa berdebar-debar. Sementara teh hijau, khususnya teh macha, mengandung l-theanine. Asam amino ini merangsang peningkatan gelombang alfa di dalam otak. Jadi teh hijau berkualitas baik bisa membuat Anda lebih fokus dalam kondisi rileks tanpa menimbulkan rasa kantuk.
5. Tidur Siang
Tidur siang bisa menyegarkan kembali otak Anda. Hasil studi menunjukkan, tidur siang saat mempelajari sesuatu yang baru bisa mempercepat proses belajar. Rata-rata orang merasa mengantuk antara pukul 12 siang hingga 4 sore. Ini waktu yang sempurna untuk tidur siang. Setelahnya, Anda akan lebih fokus dan produktif hingga hari kerja usai.
6. Hindari Gula di Siang Hari
Jika tidak bisa menghindarinya, usahakan untuk tidak memakannya di saat Anda harus fokus pada pekerjaan. Kadar gula yang tinggi dan kondisi tubuh setelahnya tidak baik untuk otak Anda. Usahakan mengganti gula saat makan siang dengan sesuatu yang lebih sehat, seperti ikan atau telur.
7. Main Video Game Lebih Baik dari Nonton TV
Menonton film atau televisi adalah kegiatan yang pasif. Otak Anda menyerap informasi, tapi tidak memproses atau berinteraksi dengannya. Studi dari tahun 2014 menunjukkan, bahwa game sederhana seperti Super Mario memiliki efek yang nyata bagi fleksibilitas otak.
8. Olahraga Ringan di Kantor
Otak dan tubuh memiliki hubungan erat. Kegiatan fisik membantu otak berfungsi dengan lebih baik. Anda tidak harus ke gym setiap hari. Cukup dengan berjalan atau melompati beberapa anak tangga bisa memiliki efek yang positif. Upayakan bergerak setiap jam. Seperti misalnya merenggangkan otot selama 5-10 detik.
9. Bergaul dengan Orang Yang Lebih Pintar
Anda akan tertular kebiasaan dan pola pikir seseorang yang menghabiskan waktunya bersama Anda. Jadi mengapa tidak bergaul dengan orang yang lebih pintar dan menarik keuntungan darinya.
10. Bawa Buku Coretan
Seorang Leonardo Da Vinci selalu memiliki buku catatan atau coretan. Ia menggunakannya untuk menulis ide-idenya, menggambar sketsa, dan pertanyaan-pertanyaan yang belum ada jawabannya. Dengan selalu mengantongi buku kecil untuk mencatat, Anda bisa melatih rasa keingintahuan dan pemikiran secara logis.
11. Rencanakan Kegiatan Esok Hari Sebelum Tidur
Jika merencanakan aktivitas sebelumnya, Anda akan bisa bekerja secara lebih produktif. Banyak orang yang sibuk seharian, tapi hasilnya tidak produktif. Pilih secara cerdas apa dan bagaimana Anda menunaikan tugas di hari esok.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top