Siapa Bilang Hidup Itu Berat?

23.08



Sebenarnya, hidup itu simpel kok. tinggal tugas yang harus kamu lakuin atau yang harus kamu selesaikan apa, terus kamu kerjain, tuntas dah urusannya. Tapi, kebanyakan dari kita itu kalau mau ngerjain satu tugas, ada aja pikiran-pikiran lain yang mengganggu efektifitas. Ya, grogi lah, malu lah, dan pikiran-pikiran nggak penting lainnya. Padahal kan, ada tugas tinggal diselesaikan. Nyantai dah habis itu.

Sering juga ketika kita ngerjain sesuatu yang nggak dikerjain orang lain--misalnya ngaji sampe tengah malam--kita menjadi sangat sensitif. (Udah, ngaku aja.) Jadi, ketika ada orang yang lewat terus bisik-bisik dikit aja, kita jadi curiga. "Huh! Dia ngomongin aku!" Padahal kan, bisa aja dia itu ngomongin yang lain. Makanya, jangan sok sensitif lah.

Sebenarnya sih, yang kita lakuin itu biasa aja. Ngaji sendirian tengah malam. Apa sih istimewanya? Sama aja kan dengan ngaji di waktu-waktu lainnya? Kayak ngaji pagi, siang, atau sore. Udah lah,
fokus aja sama ngajinya. Nggak usah terpengaruh pada gangguan-gangguan kecil. Nggak ada gunanya!

Sering juga kita melebih-lebihkan tugas yang sederhana seperti memberi kata semangat. "Ayo semangat!" "Kita harus semangat! Ini berat!" Please deh, kalau kita terlalu semangat, pas down pastinya juga terlalu down. Pahami itu.

Kesimpulannya satu: Udah deh, jalani aja.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top