Aku Mau Review Novel Nih. Baca Ya...

03.06



Ah, tangan ini terus saja bergetar. Sepertinya dia ingin menyentuh pulpen seraya melaksanakan tugasnya.

(Segera kuraih pulpen Pilot yang standby di kantongku.)

Oke, kali ini aku akan mencoba menuliskan ulasan tentang novel Mata Kedua buah tangan Ramaditya Adikara. Kenapa aku ingin menuliskannya? Kurasa... novel ini telah mencerahkan sepotong puzzle kehidupanku dan membukakan jendela hatiku untuk melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda.


Alasanku yang pertama kenapa mengatakan novel ini unggul adalah karena gaya bahasanya kayak gaya bahasaku. (Oke, ini bukan alasan.)

(Kalau yang di bawah ini beneran...)


Pertama, Mas Rama sukses menceritakan perjuangannya bersekolah di SMA biasa dengan kondisinya sekarang yang tuna netra. Otomatis, banyak yang mengganggunya, mencemoohnya, dan menyindir-nyindirnya. Tapi, perlahan-lahan pandangan orang terhadapnya pun berubah ketika Rama berhasil menunjukkan satu skillnya yang melampaui skill orang-orang biasa. (Skill apakah itu? Baca sendiri ya...)

Terus, yang kusuka pula dari novel ini adalah gaya berceritanya yang buat ngakak. Asli! Baca aja kalau nggak percaya! Kurasa, novel ini cocok bagi yang lagi galau. Dieeem terus. Suntuk. Nggak bisa mikir apa-apa. Ayolah bro, coba baca deh. Dijamin ngakak. Aku juga sudah mencoba pas lagi suntuk--di kelas. Eh, mau ketawa tapi aku untungnya sadar kalau aku ketawa pastinya dimarahin guru dan bisa-bisa dihukum dah di luar kelas. Fyuh.

Kerennya juga, setelah aku ngakak habis-habisan, mendekati ending rasanya hati ini pun mulai bergejolak. Yang tadinya ketawa habis-habisan, sekarang udah mulai sedih. Ceritanya betul-betul membuat sedih dan terharu. Memang benar sih, cerita yang bagus itu tidak cuma cerita yang berisi romansa tok ataupun yang berisi aksi tok. Tapi, cerita yang bagus adalah cerita yang berisi perjuangan, prinsip, cinta, dan pengkhianatan. Oke, 4 hal ini banyak kudapati di film-film yang bagus dan kurasa, novel ini sudah memenuhinya.

(Sebenarnya sih, aku mau cerita yang jeleknya juga tapi takut ntar digepak sama Mas Rama T_T.)

Oke, gitu aja yah. Selamat membaca.

Download aplikasi android Muhammad Zaini DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Back to top